Home » » Cara Cepat Memasang Tool Parse HTML di Blog

Cara Cepat Memasang Tool Parse HTML di Blog

Cara Cepat Memasang Tool Parse HTML di Blog - Mungkin anda bertanya kenapa perlu PARSE HTML? Sama halnya yang pernah timbul dalam pikiran saya jauh-jauh sebelum mengenal Blogger. Maklum... kita sama-sama belajar ngeblog kawan... Newbie kita ini. Okaylah kalau begitu, yuk kita bahas mengenai PARSE HTML lebih dalam di bawah ini.

Cara Cepat Memasang Tool Parse HTML di Blog

Apa itu PARSE HTML
Menurut Wikipedia bahwa "Fungsi parser" dalam bahasa Inggris: parser function (berbeda dengan ekstensi ParserFunctions yang merupakan kumpulan fungsi parser) adalah semacam template yang memberikan nilai sesuai dengan paling sedikit satu parameter tak bernama, yang dipisahkan dari nama fungsi menggunakan tanda titik dua ":"; seperti template biasa, fungsi ini mungkin memiliki beberapa parameter, masing-masing diawali dengan garis tegak "|". Sintaks dapat ditulis dengan atau tanpa tanda pagar "#" di awalnya:

Kalau Bahasa Bos Tutorial, bahwa PARSE HTML itu adalah salah satu cara mengubah text html/javascript yang baku (apa adanya) ke dalam bentuk text html/javascript yang disertai dengan perubahan-perubahan atau tambahan kode agar text html/javascript yang kita inginkan tersebut tetap menjadi sebuah text html/javascript dan bukan hasil dari text html/javascript itu.

Tool Parse HTML
Tool Parse HTML adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengkonversi kode HTML sebelum dipasang di posting atau template blog agar kode tersebut bisa ditampilkan.

Sebagai contohnya adalah:
Saya ingin menampilkan sebuah link Bos Tutorial (link saling tukar link) agar para pembaca langsung menyalin linknya :
<b><a href="http://bos-tutorial.blogspot.com/" target="_blank">Bos Tutorial</a></b>
Kode diatas agar tampil seperti itu, maka diperlukan PARSE HTML. Setelah di-PARSE, hasilnya seperti di bawah ini.
&lt;b&gt;&lt;a href=&quot;http://bos-tutorial.blogspot.com/&quot; target=&quot;_blank&quot;&gt;Bos Tutorial&lt;/a&gt;&lt;/b&gt;
(catatan: penempatan kode tersebut bila ingin ditampilkan dalam sebuah Postingan / artikel, harus dalam bentuk HTML dan bukan COMPOSE).

Saya harap kawan-kawan mengerti penjelasan di atas, bila masih belum faham juga coba baca pelan-pelan dan direnungkan. Apabila sudah mengerti, maka kita akan lanjutkan seterusnya.

Cara Cepat Memasang Tool Parse HTML di Blog
Selanjutnya adalah bagaimana kita memasang Tool Parse HTML. Bagi kawan-kawan yang mahir dalam pengolahan text html/javascript, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Tool Parse HTML.

Perhatikan langkah-langkah berikut ini.
1. Masuklah atau manfaatkan fasilitas yang diberikan oleh Google melalui GMODULES, www.gmodules.com (tampilannya seperti gambar di bawah)

Cara Cepat Memasang Tool Parse HTML di Blog

2. Lihat paling bawah ada Tulisan atau 2 pilihan yaitu: "Lihat Dulu Perubahan" dan "Dapatkan Kode" (hasilnya seperti gambar di bawah ini)

Cara Cepat Memasang Tool Parse HTML di Blog

3. Silahkan anda klik terlebih dahulu "Lihat Dulu Perubahan" untuk memastikan apakah ada yang berubah atau ada yang ingin anda rubah. Sebelum anda setuju dengan model awal yang ditawarkan oleh GMODULES diatas, Anda juga bisa merubah Judul, Ukuran, Warna, dan lain-lainya. Yang di centrang jangan dirubah yah... biarkan itu semua ter-centrang. (saran: kotak yang di centrang harus di centrang) (hasilnya seperti gambar di bawah ini)

Cara Cepat Memasang Tool Parse HTML di Blog

4. Apabila anda sudah setuju dengan semua makan langkah selanjutnya adalah mengambil kode script yang telah disediakan. Caranya: klik "Dapatkan Kode" lihat dibawah akan muncul kotak baru yang berisi sebuah Kode atau text html/javascript.

5. Salinlah kode text html/javascript tersebut lalu tempatkan sesuai keinginan anda. Apakah dalam bentut WIDGET / Gadget atau sama persis seperti yang MasBro buat (dalam bentuk postingan) semua tergantung anda.

6. Selesai. Hasilnya silahkan anda lihat di bawah ini.



Bagaimana? Gampang bukan. Semoga postingan mengenai "Cara Cepat Memasang Tool Parse HTML di Blog" di atas bisa bermanfaat bagi anda. Selamat menooba salam blogger. Jjangan lewatkan Tips dan Trik serta tutorial lainnya. [Bos Tutorial]

0 comments:

Post a Comment

Salam Sukses dan Salam Blogger