Home » , , » Cara Membuat Related Post Pada Blog

Cara Membuat Related Post Pada Blog

BOS TUTORIAL - Cara Membuat Related Post Pada Blog. Artikel Terkait itu bahasa Indonesianya. Namun para blogger lebih familiar dengan sebutan RELATED POST. Blog ini menggunakan bahasa RELATED ARTICLE, kebenaran bawaan dari template yang diberikan oleh mas kolis secara cuma-cuma. Tujuan cuma satu membantu para Pembaca / Pengunjung / Visitor agar bisa lebih gampang mencari postingan /artikel kita yang menyerupai atau satu Kategori / Label dengannya (postingan).

Cara Membuat Related Post Pada Blog

Cara Membuat Related Post Pada Blog
Disamping membantu para pengunjung, membuat Related Post / Related Article / Artikel Terkait / Kamu Harus Menyukai Ini / You Must Like This (ntah apalagi istilahnya... hehehe) juga Mempercantik Blog, sehingga terlihat Elegan/Profesional.

Tutorial ini berlaku bagi kawan-kawan yang menggunakann Related Post di dalam blognya. Apalbila sudah ada, silahkan jangan digubris yah... abaikan saja (baca-baca boleh dong).

Ada beberapa Cara Membuat Related Post Pada Blog
1. Dengan membuat Related Post tanpa gambar
2. Dengan membuat Related Post dengan gambar (thumbail)

Saya jelasin dulu yah satu-satu biar lebih paham.
1. Membuat Related Post tanpa gambar
Membuat Related Post tanpa gambar pada blog biasanya dilakukan di bawah Postingan. Meskipun ada yang ditempatkan di sidebar, namun lebih sering kita temukan di bawah postingan.

Ada banyak cara para blogger membuat related post di dalam blog yang mereka kelola. Antara lain dengan menggunakan Scroll dan tanpa menggunakan Scroll. Semua tergantung selera masing-masing. Pada blog Bos Tutorial ini sementara menggunakan Related Post tanpa Scroll. Terlihat lebih simpel sih. Tanpa menggunakan Scroll biasanya paling banyak artikel terkaitnya 10 artikel (lebih banyak juga tidak apa-apa), dan hanya di kaitkan pada 1 label atau kategori. Apabila Label / Kategori yang anda buat didalam blog anda lebih dari 1 Label/Kategori biasanya yang di kaitkan hanya 1 label / kategori saja. Sedangkan yang menggunakan Scroll bisa lebih dari 1 kategori / label.

2. Membuat Related Post dengan gambar (thumbail)
Penjelasannya hampir sama saja dengan diatas, bedanya ya related post menggunakan Gambar. Kelemahannya adalah apabila dalam postingan kawan-kawan tidak menggunakan Gambar, maka gambarnya tidak muncul.

Membuat Related Post dengan gambar (thumbail) ada 2 cara juga, pertama dengan menyatukan script (kode) related post pada blog kita. Cara kedua adalah dengan memanfaatkan pihak ketiga. Yang paling populer adalah menbuat related post dengan Linkwithin. Linkwithin adalah salah satu penyedia script untuk memasang related post di dalam blog kita. Masih ada lagi situs-situs pihak ketiga yang menyediakan cara ini, tapi Linkwihtin lebih familiar di mata para blogger.

Menggunakan related post ini semua tergantung anda mau pilih yang mana. Yang penting anda paham apa fungsi dan kegunaan related post.

Kelanjutannya simak Cara Membuat Related Post Pada Blog : (Bos Tutorial akan posting satu-persatu, yang sabar yah)
1. Cara Membuat Related Post di bawah Postingan (KLIK DISINI)
2. Cara Membuat Related Post Dengan Scroll (KLIK DISINI)
3. Cara Membuat Related Post Dengan Gambar (KLIK DISINI)
4. Cara Membuat Related Post Dengan Linkwithin.(KLIK DISINI)

29 comments:

  1. tx infonya gan, ane coba nich....

    ReplyDelete
  2. Thanks gan buat tutorialnya... sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. bagus sob, saya coba dulu deh

    ReplyDelete
  4. nak follow best blog ni thanks
    http://agdaudr.blogspot.com/:)

    ReplyDelete
  5. mantap dan sangat berterima kasih atas artikelnya

    ReplyDelete
  6. sngat benfaat gan .... mksh ,.. http://choppie88.blogspot.com/2013/10/sepatu-cantik.html

    ReplyDelete
  7. terima kasih gan
    visit http://kampusnongkrong.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. terima kasih buat infonya thx kawan

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. mantap om .... terima kasih untuk infonya .....

    (...) Perbandingan Spesifikasi Laptop (...)

    ReplyDelete
  11. sudah dicoba,dan berhasil menggunakan linkwithin

    ReplyDelete
  12. ini yang saya cari cari
    patut di coba nih gan

    ReplyDelete
  13. Aku heran.... di atas kan cuma penjelasan.... apanya yang di coba... hahahah.... lucu-lucu dan menghibur komentarnya kawan-kawan.

    ReplyDelete
  14. kalo yang pake thumbnails gimana gan

    ReplyDelete
  15. Tq sangat tutorialnya gan. Izinkan ane membuat artikel tentang related post juga krna ane sudah sukses membuat related post yang dibawah postingan sesuai dengan tutorial dari agan :)

    ReplyDelete
  16. trims infonya... namun belum berhasil... entah kesalahannya di mana...
    http://bebekgor.blogspot.com/2014/02/ternyata-inilah-alasan-suami-istri.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas tidak ada tuh tutorial... kan cuma penjelasan saja... coba lihat link yang disediakan.... ada kok caranya dan lengkap.... pelan-pelan aja ... slow...

      Delete
  17. Sangat bermanfaat gan ^_^
    http://pendidikan-bio.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Makasih atas infonya gan

    Visit Back ya http://azramblog.blogspot.com/

    ReplyDelete

Salam Sukses dan Salam Blogger